Home/ Mentawai News
A A A
Wabup Buka Pawai HUT RI Siberut Utara
Senin, 13 Agustus 2009 | 12:58:35 WIB

SIKABALUAN-Gajeuma (gendang tradisional Mentawai) ditabuh tanda dibukanya acara perayaan hari ulang tahun (HUT) RI ke-64 di Kecamatan Siberut Utara oleh Wakil Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Jumat (7/8) lalu di lapangan hijau SDN 09 Sikabaluan.

Dalam acara pembukaan yang diikuti oleh SMAN 1 Siberut Utara, SMPN 1 Siberut Utara, SD Fransiskus Sikabaluan, SDN 09 Sikabaluan, MTsN Sikabaluan, PKK kecamatan, desa, dusun, kontingen olahraga dari desa-desa di lingkungan Kecamatan Siberut Utara dan kecamatan tetangga, Yudas  berpesan agar peringatan kemerdekaan jangan hanya jadi perayaan sehari, tanggal 17 Agustus saja, tapi harus dihayati setiap hari.

“Memperingati kemerdekaan itu harus tampak pada kehidupan sehari-hari. Mari kita implemetasikan kemeredekaan itu dalam kehidupan, kalau kita seorang pelajar tampak bahwa kita seorang pelajar, kalau kita seorang pemuda tampakkan bahwa kita seorang pemuda yang giat berjuang,” katanya.

Yudas juga berpesan agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat selalu menjunjung empat pilar kehidupan. “Empat pilar inilah yang menjaga kita dalam kehidupan berbangsa yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebinnekaan. Itulah pelangi dan budaya bangsa ini yang menjadi harga mati,” tegasnya.

Pada kesempatan serupa, Ketua Panitia Perayaan HUT RI ke-64 Heri Kurnianto menyampaikan bahwa perayaan yang dilaksanakan dengan menggelar beberapa lomba atau pertandingan tersebut bukanlah ajang untuk menunjukkan kebolehan atau kekuatan, namun untuk menumbuhkan kebersamaan dan persaudaraan.

“Melalui momen ini kita galang persatuan dan kesatuan bangsa kita demi terwujudnya bangsa yang maju, bersatu, khususnya di Kecamatan Siberut Utara,” katanya.

Setelah acara pembukaan diadakan pawai yang dikuti seluruh peserta upacara. Tampak dalam pawai tersebut pesertta yang mengenakan beragam pakaian adat daerah, seperti Mentawai, Batak, Jawa, Minang. Penampilan pakaian adat ini dilakukan hampr semua perwakilan seperti SMA, SMP, PKK. Sementara SD Fransiskus menampilkan pakaian adat Mentawai saat berburu dan SDN 09 Sikabaluan menampilkan konvoi sepeda hias.

Acara pembukaan perayaan HUT RI ini juga dimeriahkan oleh drum band SMPN 1 Siberut Utara yang mengumandangkan lagu-lagu kebangsaan dan lagu-lagu daerah Mentawai.

Pawai yang seperti ini merupakan yang kali pertama di Kecamatan Siberut Utara,  masyarakat terlihat sangat menikmatinya, kendati diguyur hujan deras dari awal hingga selesai, peserta dan penonton  tetap antusias. bs

Komentar

Kirim komentar anda
Nama
Alamat
Email
Komentar
Security Code

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.

PT Suara Alam Mentawai
Banner Pualiggoubat
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.