Artikel » Opini/Suara Daun

Tim Sukses?

Oleh: Roberta Sarogdok
Selasa, 07 Mei 2013 | 12:59:00 WIB

Sejak proses pemilihan kepala negara dan kepala daerah dilakukan secara langsung, istilah “tim sukses” menjadi familiar dalam setiap prosesi pemilihan kepala pemerintahan baik pusat maupun daerah. Bahkan belakangan dua kata  tersebut tenar pada agenda pemilihan anggota legislatif, terutama sejak diputuskan penetapan anggota legislatif dilakukan berdasarkan suara terbanyak. Sejak saat itu calon legislatif tidak lagi melulu mengandalkan mesin partai, tetapi juga membentuk tim sukses sendiri untuk lebih sukses dari calon lain dari partainya sendiri. Karena itu istilah tersebut menjadi sangat tidak asing lagi pada setiap musim pemilihan pemimpin baru mulai dari baik tingkat dusun, tingkat desa, kabupaten dan nasional. Termasuk juag tim sukses untuk merebut jabatan ketua pada organisasi-organisasi massa dan profesi.  

Setiap kandidat akan berusaha menemukan dan membangun tim sukses yang mumpuni. Karena itu keberhasilan memenangkan pemilihan sering disebut karena kehebatan tim sukses menemukan strategi kerja yang jitu. Karena itu terpilihnya seseorang sebagai pemenang, akan diikuti dengan naiknya popularitas tim sukses yang bersangkutan. Ketenaran sang pemenang bisa tenggelam oleh popularitas kehebatan tim sukses.

Pemimpin yang memenangkan pemilihan menikmati kemenangannya. Tetapi kenikmatan ini bisa saja sangat sementara ia rasakan. Sang pemimpin terpilih merasa takjub pada kerja tim suksesnya. Merasa dia tidak akan jadi apa-apa tanpa tim sukses.  Muncul perasaan mesti membalas budi. Kemenangannya juga harus memberi manfaat pada tim sukses. Disinilah malapetaka tim sukses mulai muncul. Dia yang semula muncul menjadi pelayan bagi pemenangan, kemudian menjelma menjadi tuan yang kepentingannya mesti diakomodasi.

Tim sukses kemudian bisa menjadi beban dan belenggu bagi pemerintahan yang dipimpinnya. Tidak  jarang mantan tim sukses merasa berhak untuk mendikte setiap kebijakan dan program yang hendak diputuskan dan dijalankan. Tim sukses selalu berusaha untuk punya peran besar dalam seluruh hal yang mau dilakukan oleh pemimpinnya. Tidak jarang pertimbangan yang dipakai adalah kepentingan sepihak.

Akhirnya publik bertanya. Ini pemerintahan siapa?

Komentar

Kirim Komentar

  kode:
PT Suara Alam Mentawai
Banner Pualiggoubat
 

All copyrights property of third party used in this site and its corporate sites still owned by respective owners.